Rabu, 31 Desember 2014

A Journey to be Thankful

Selama 6 bulan terakhir gw menghabiskan waktu gw untuk magang atau yang dikenal dengan nama Cooperative Educatioon, Career Development (disingkat jadi Coop) di PT. Indomarco Prismatama. Mungkin ga banyak yang taw ini perusahaan apaan tapi kalo gw mention  yang namanya Indomaret smua pasti tahu. Yeap, ini nama perusahaan Indomaret yang temen-temen biasa suka datengin kalo lagi pengen cari sesuatu untuk diemut ato untuk dipake dalam kegiatan sehari-hari. Gw ga nyangka selama 6 bulan ini banyak yang bisa gw pelajari untuk kehidupan gw mendatang. Siapa yang sangka banyak hal yang harus gw kerjakan yang memakan waktu dan energy yang banyak. Siapa yang sangka disini...gw menemukan kluarga kecil gw.


Gw masih keinget pas pertama kali dateng ke kantor sana itu sehari setelah gw mengalami musibah "kecil"yang ngebuat gw menjadi lebih waspada dalam mengendarai mobil. 
Belum lagi hari-hari awal masuk gw rada "shock" dengan lingkungan yang ada disekitar kantor gw yang cukup masuk ke dalam lingkungan yang kurang bersih. Lalu lingkungan yang penuh dengan perokok. Belum lagi semua orang "ngelihat" gw seperti orang yang ekslusif. Apa mungkin setting brightness kulit gw yang terlalu putih? Oh wow...it was not easy to adapt.
Tapi gw bersyukur dengan berkat dari Tuhan yang somehow ngebuat gw menjadi lebih flexible disini. Gw brasa harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, bukan lingkungan yang harus menjadi sama dengan gw. Secara kalo ngubah lingkungan gw udah keburu balik dan gw mencoba memberi tahu bahwa gw juga sama dengan temen-temen yang ada dikantor, perlu makan nasi, suka gado-gado, makan ketoprak disebelah got. Gw bukan dewa. So I took my opportunity to learn from whatever the situation is and deal with the  best possible outcome. 

Hari-hari nda berlangsung mulus seperti biasa. Gw melalui proses On Job Training (OJT) dari kantor yang mengharuskan gw untuk turun langsung ke toko dan mencoba melihat langsung apa yang terjadi di toko secara mendalam. Bro, ini gila banget untuk gw. Awal gw OJT yang ada gw ga betah dan kangen nyetir ke kantor. Oh man...Kalo bisa sakit gw dah bilang sakit aja kali ya? Tapi ga bisa gitu, somehow pikiran gw bilang untuk tetap stay dan tetep blajar dari kesengsaraan ini karena akan membuahkan hasil untuk hidup gw. 

Tentunya project yang gw kerjakan selama coop kemaren ternyata setelah diselidiki tidak simple dan makin gw cari tahu makin complicated. Gw udah paranoid dan horor dengan kenyataan yang ada. Gw melihat banyak faktor yang mempengaruhi ini semua. Buset dah.

Atmosphere yang gw alami selama kerja mungkin menjadi kenangan tersendiri buat gw. Gw ngerasa kegilaan yang gw punya setara ata mirip dengan kegilaan temen kerja disini. Dalam waktu singkat gw udah bisa ketawa haha hihi setiap hari. Gw ga pernah bolos untuk ke kantor karena gw tahu sesulit apapun itu ada kebahagiaan dalam keseharian yang gw alami, Mungkin ini yang selama ini gw coba cari selama gw ada di US study. Banyak jokes atau pemikiran yang menurut gw lucu tapi ga disupport dengan positive. Kenangan "lontong", "berak", jadi gombal, stand up comedy, atau menghadapi boss besar, smua gw coba alami disini. Mungkin ini belum lengkap mengingat waktu yang terbatas dalam coop ini. 

Menjelang akhir coop kerjaan gw makin menumpuk dan temen kerja gw yang melihat hal ini mengambil inisiatif untuk ngebantuin gw. Ini menjadi suatu keharuan tersendiri dari gw karena tiba-tiba ada yang maw ngebantuin gw yang cupu ini. Duh...
Setelah semua usai pun kegilaan masih belum berakhir, mengingat temen kerja gw ngebuat kegiatan yang memorable untuk gw, graduation party. Disini gw seolah-olah dibuat sudah lulus dari kegiatan kerja yang ada. Gw dilepas dengan amat sangat baik. satu persatu memberikan wejangan dan feedback yang ngebuat gw smangat untuk maju kedepan dan tidak melupakan apa yang udah terjadi. Pergi dari sini terasa begitu berat. 

Well...sekarang gw udah ga bisa menikmati kegilaan yang biasa gw alami from 8 to 5. Ga ada lagi yang namanya makan di warung kecil atau menikmati gorengan. Ini smua udah tertutup dalam satu epidsode idup gw. Suatu hari nanti kenangan ini akan mengingatkan gw untuk tetap stay down to earth dan tetap melangkah dalam Dia dan tidak takut akan apa yang ada didepan.

Sebentar lagi tahun baru 2015. Tahun 2014 udah banyak memberi kenikmatan, pelajaran, dan kenangan tersendiri. I can't wait to see what's next.

Tidak ada komentar:

Halaman