Kamis, 06 November 2014

Can you listen to their voice?

Ketika gw masih SD gw ikutan Vocal Group (VG) di greja. Somehow kegiatan VG ini sangat ajib karena mayoritas itu adalah smua anak skolah minggu disana, ini mungkin karena anaknya pada dikit jadi smua 'terpaksa' ikutan or karena ajakan maut dari pembinanya gw ga taw. LOL.
Gw masih inget tuh pas VG yang gw suka cuman kegiatan sebelum latian, yaitu makan. Ini jadi moment yang WOW bagi gw. Yah..abis kebaktian kan laper gimana gitu yah jadi dikasih makan terus latian nyanyi bentar biar kesannya aktif gimana gitu kan...(Ini anak bejat sumpah)

Pernah sekali waktu gw pemanasan dari nada DO rendah ampe DO tinggi. Waktu itu gw masih cupu jadi begitu nadanya nda berurutan gw panik, belum lagi kalo salah dimarahin. Gak banget deh. 

Selagi latian pembinanya, Ce Vera waktu itu, ngasi tips yang sangat simple namun jitu. "Kalo mo nyanyi yang enak dengerin sebelahnya yah. Kalo denger dengan baik terus disamain suaranya gak bakal salah." Tentunya gw dengan tips ini jadi bisa nyanyi seakan-akan gw udah 'pro'. Tapi gw rasa prinsip untuk "mendengarkan sekitar" ini menjadi sesuatu yang membekas ke dalam alam bawah sadar gw. 

Maksud lu apaan bro? Well..gini bro....Somehow ketika gw memasuki lingkungan atau komunitas yang baru gw mencoba untuk memahami atau "mendengar" suara dari lingkungan atau komunitas ini. Why? gw rasa ini somehow menjadi survival skill yang membantu gw untuk bisa berbaur dengan komunitas dengan baik. Mirip dengan penggambaran gw mengenai VG tadi, yaitu dengan berbaur mendengarkan sekitar gw jadi lebih bisa mengeluarkan suara gw sesuai dengan sekitar sehingga gw bisa satu suara dengan yang ada disana. Tentunya ini nda langsung bisa gw praktekkan dimanapun gw yang gw maw. Terkadang ada group orang yang memiliki ekonomi yang terlalu tinggi sehingga gw ga terlalu bisa nyatuin "suara" gw dengan mereka, meskipun gw udah coba untuk nyatuin. Atau mungkin ada yang pergaulan yang suka gossip atau kadang memiliki pemikiran yang negatif dan tentunya "suara" mereka yang rada bising ngebuat gw susah untuk membaur. 

Mungkin ada miripnya dengan prinsip Bruce Lee yang bilang "Empty your mind, be formless, shapeless - like water. Now you put water in a cup, it becomes the cu; You put water into a bottle it becomes the bottle; You put it in a teapot it becomes the teapot. Now water can flow or it can crash. Be water, my friend." 
Keren banget. 

Tentunya apabila ini dihubungkan dengan Kekristenan ini akan menjadi berbeda. Yang mana kalo gw rasa Kekristenan itu kalo misal kita slalu menjadi sama dengan sekitar itu tidak akan menunjukkan kalo kita berbeda, kita jadi sama dengan dunia. Well, ini kemudian menjadi satu pemikiran yang membantu gw menjadi lebih baik karena masih dengan prinsip berbaur dengan sekitar tetapi dengan mempertahankan prinsip yang benar dan memperbaiki yang salah. Misal nih: Sekarang gw lagi magang di PT. Indomarco Prismatama, hal yang gw lakukan adalah mempelajari lingkungan yang ada dan gw mempelajari apa yang bisa gw lakukan untuk bisa berbaur dengan lingkungan tanpa melukai sekitar. Sembari gw membaur gw akan menarik hal yang baik dan mempertahankannya dan apabila gw menemukan hal yang buruk akan gw coba hentikan sebisanya. Contoh yang gw liat adalah temen gw ngeliat gw ga ngerokok dan mereka mulai mengurangi rokok dan ada yang berhenti. Well...I hope this could be one good example and inspiration for you all. 

NB:kok gw ngerasa ini brantakan yah? Ah Sudahlah...

Tidak ada komentar:

Halaman