Rabu, 18 September 2013

New England Indonesian Festival

Hey guys! Just want to give some heads up ini mungkin bakal jadi post yang panjang. So PREPARE YOURSELF!!!

Sekedar background story kalo ini acara bertujuan untuk mempromosikan budaya nusantara melalui booth2 yang di sewakan (ada makanan dan minuman, baju adat, souvenir, accessories, dll) dan persiapan yang ada juga gw denger dah lama which makan 6 bulanan yak?

Prologue

Mendekati hari H, temen2 gw yang tergolong permias mulai gencar dengan persiapan yang ada sementara gw sebagai volunteer masih menantikan titah dari kepala volunteer. Pengen coba bantu tapi takut malah menimbulkan pertikaian kelas dewa. Gw mengurungkan niat suci gw. H-1 smua volunteer berkumpul untuk mendapat briefing tentang tugas tiap orang dan bagaimana jalannya event nanti. Setelah informasi selesai di bagikan gw bermaksud balik pulang ke rumah mengisi kekosongan jiwa gw dengan gaming session. Sayangnya karena tempat yang di pergunakan adalah greja BCBC dan so far gw yang tergolong “tukang kabel” di sini, maka gw harus menanti hingga smua balik dan tempat ini bersih. Parahnya internet di greja suka labil, jadi kadang2 connect kadang2 nda dan hari itu internet sedang mengalami labil tingkat tinggi. Internet ga jalan sama sekali. Gw mati kering.

Menjelang malam cuman ada 1 hal yang ngebuat gw stuck di sini, nungguin 1 band latihan. Anggotanya pada belum dateng di karenakan oleh alasan yang gw ga taw jelas. LOL. Sembari menanti beberapa anggota udah mulai kalang kabut karena ga bisa connect ke internet, maklum smua data di cloud. Akhirnya setelah sekian lama menanti, kira2 ada 3 jam ( dari jam 7 ampe 10), band pun dateng dan bersiap latihan. Mreka bakal bawain 9 lagu dan belum latihan. Ba Dum Tss. Well, sebenernya bukan mreka yang bakal perform juga melainkan Sheila On 7, band favorite gw. Sayang karena kendala mreka ga bisa mampir ke Boston. Gw sedih, gw galau, gw jadi ganteng. (eh, ga nyambung?) Tentunya karena emergency mreka langsung dengan sepenuh hati mempersiapkan performance mreka sebaik mungkin. Berhubung salah 1 anggota adalah crew BCBC juga gw akhirnya bisa pulang dengan slamat seketika, tentunya setelah ngeliat mreka maen 3 lagu dulu. GOKILL MAANN!!!! Note: untung si Adit balik ke rumah sebelum jam 12, ternyata mreka latian ampe jam 5 pagi. Kebayang udah gempor kalo ga balik teruz volunteer pagi2 dari jam 8

Judgment Day

Hari penentuan dan hari di mana smua persiapan selama ini akan membuahkan hasil entah positif atau negative. Di pagi hari cuaca udah rada ga bersahabat, rada dingin n berawan. Gw ampe pake 3 layer baju. Tatut atit. Selama persiapan di pagi hari 1 hal yang gw sadari yaitu ga smua volunteer dateng on time, beberapa bule mala dateng lebih awal namun kerjaan yang bisa mreka kerjain ga gitu jelas, maka timbul pengangguran. Somewhat gw ngerti prasaan nganggur itu. Di sisi laen karena gw ga bisa diem gw loncat sana sini bantu pasang bendera sembari menunggu kerjaan utama gw dateng, ngatur performance di awal n penutupan acara. Mulai dari pasang bendera n ngangkutin barang gw jabanin smua. Workout ke gym brasa berguna sekali. Jadi pengen makan tempe. LOH?!

Dari yang gw angkutin yang paling bikin gw takjub adalah salah 1 vendor ngebawa 1 mobil full indomie. Gw langsung laper n 2 kardus basah kena iler, seketika kadaluarsa. Sembari bantu2 persiapan menjelang event, beberapa anggota permias terlihat sibuk sana sini mempercantik situasi yang ada, biarpun gw tahu mreka smua kurang tidur n somewhat cepet naek darah smua berjalan lancar. Setelah persiapan awal (dari panggung, vendor, parkiran, etc) smua selesai tibalah waktunya untuk membuat sejarah di Copley Square!
Satu hal yang gw sesali kalau kerja bareng indo adalah waktu yang terkadang udah di tetapkan kadang tidak berlangsung sebagaimana mestinya. Baca: ngaret. Maka beberapa pengunjung ada yang ampe dateng ke gw teruz curcol kalo bule2 ga suka waktunya kebuang ga jelas dan ini bisa ngebuat negative feedback. Gw cuman manggut2 kek di marahin nyokap sambil cengar-cengir mamerin gigi putih gw yang baru di sikat 5 jam tadi. Kinclong abis. Sebelum acara di mulai ada senggang 1 jam untuk performance check sound. Gw sebagai crew ngatur performance udah pusing. Performancenya rada telat n ada yang kesasar. Kepala cenat cenut sebelah, kebayang lagu cenat-cenut dari SM*SH, gw langsung sembuh ga maw ngebayangin video mreka di kepala. Slamat. Untungnya setelah di pedomankan arahan ngawur dari telepon, salah 1 personal Kabasaran dance datang di tujuan dengan slamat. Namun tidak dengan mobilnya, dia ga dapet parkir dan gw sebagai orang yang bertanggung jawab musti bantu cari parkir. Tentunya gw ga pernah ada masalah dengan yang namanya markirin mobil. Pemalap gitu loch! Tapi smua crita ini berbeda adanya begitu gw masuk mobilnya. Ini mobil manual. Gw udah 4 taon lebih ga naek manual. Gw lupa cara jalanin ni mobil. Tapi dengan berbekal doa dan iman tinggi gw YOLO dengan ni mobil. Somewhat gw ga taw cara mundurin mobil. Untung ada panitia ngebantuin gw nanyain ke om yang bersangkutan. Gw sukses markirin mobil dan mreka sukses test panggung.

Acara pun di mulai, beberapa performer udah mulai gugup dan gw masih binggung cari tempat buang aer kecil. Menjelang Kabasaran perform gw cuman bisa mengamankan keadaan di depan panggung. Dari info yang gw dapet mreka bakal turun dari panggung dan gw musti ngebuat jalan biar ga ada yang kecolok ma tombak mreka. Setelah beres dengan performance pembuka gw ada waktu beberapa jam sebelum performance penutup, which is band dari Berklee. Sembari nunggu gw jalan2 muterin vendor2 n cari makan gratis, hue hue hue.

Sejam sebelum band dari Berklee tampil gw udah mulai siap2 ngejemput personil yang ada, maklum bawaan banyak n layaknya artis papan atas gw musti memberi service yang mantep. Anggep aja mreka Sheila yang ga jadi dateng. 15 menit sebelum naek ke panggung, 2 anggota belum dateng dan masih on the way. Anggota yang udah nungguin mulai kebakaran jenggot, gw yang baru cukur jenggot cari air mencoba memadamkan api di jenggot mreka. Panik. Akhirnya dari kejauhan mreka tiba dan dengan bantuan volunteer yang laen gw ngerasa kek di pit stop mobil balap, di mana gw ngeganti ban mobil dan mreka siap melaju kencang, tapi kali ini gw bantu bawa barang n volunteer yang laen bantu parkir mobil mreka. Ajib.
Akhirnya setelah mendapat sign dari MC untuk mulai band pun udah siap dengan lagu2 yang udah di latih, gw udah siap di depan tereak2. Lagu pertama di maenkan, penonton di depan menggila, joged2 kegirangan terbawa suasana, hanyut penuh tawa. Lagu2 dari Sheila, Ran, Gigi, Glen, dan Maliq di bawain smua dan dengan smangat 45 gw udah di depan sambil nyanyi dan bergoyang. Kalap.

Aftermath

Setelah kegilaan ini berakhir gw bersiap kembali ke rumah setelah melihat jam menunjukkan 5.30 pm. Maklum ada yugi tourney di local kesayangan gw, ada booster pack baru juga kluar(GYYAAAA). Sembari hendak kembali pulang gw bantu2 dikit dan sempet ngobrol dengan salah 1 personil Kabasaran, Note: curcol ma om2 ampe 10 menit yang mana intinya mreka demen ma ni acara. SUKSES! Untungnya gw balik lebih dahulu, sebenernya bisa ampe slesai sih tapi gw juga ga maw ketinggalan tourney, hehehehe. Tentunya acara yang spektakuler adalah acara yang di persiapkan dengan matang. Dengan kekuatan persatuan yang ada dari sluruh team dan teman2 yang mendukungnya ini smua bisa terlaksana dengan baik dan lancar, walaupun tidak terlepas dari ketidaksempurnaan. Hope next year persiapan lebih mantap dan lebih terorganize. YEEAAHH!!!

Tidak ada komentar:

Halaman