Kamis, 23 Oktober 2014

Going inside before going outside

Ketika gw on the way ke kantor gw ngeliat banyak joki 3-in-1 yang udah nangkring berbaik hati untuk “membantu” orang yang mobilnya butuh penumpang tambahan biar ga kena tilang. Untungnya perjalanan ke kantor gw ga perlu joki dan cuman naik tol doank langsung sampe. Maknyus! Sembari ngatri menuju tol gw mendapati mobil dikiri dan kanan gw pada ga nahan nyalib sana sini seakan waktu mreka sangat terbatas dan ingin segera sampai ditempat tujuan. (Well, coba dilihat dikiri kanannya juga pada pengen sampe ditujuan dengan segera juga...)Tentunya mereka nyalib amat sangat bersemangat biarpun celahnya cuman sedikit langsung maen terobos dan seolah yang dibelakangnya ga akan nabrak. Oh boy..Emang idup di Jakarta keras bro!

Gw inget pas baru awal di Jakarta, kalo nyetir tu sabar banget pelan-pelan biar ga nabrak dan kalo ada yang maw nyalib gw kasih duluan terus sambil ngomong “Silahkan aja lewat pak”. Tapi lama-lama gw sadar cara nyetir gw udah brubah jadi rada brutal dikit, kalo dibandingin ma supir bus udah rada mirip sih cuman ga ampe mepet-mepet gimana gitu, terus belum lagi kalo ada yang lewat gw udah maki-maki “LEWAT AJA PAK!!” terus pencet klakson. Man..kadang pas dijalan gw jadi sadar sendiri kalo lingkungan sekitar ini amat sangat mempengaruhi diri gw. Biarpun dulu pas di Boston gw udah melatih diri untuk bisa mengalah dan menjadi pelopor pengendara sehat dan bertaqwa, (SEDAPPP!!), gw masih bisa terkontaminasi. Terkadang gw berpikir ini kenapa bisa terjadi. Apakah karena mereka berangkatnya telat sehingga mengemudi dengan ugal-ugalan? Apakah karena belum sarapan jadi rada gila? Apakah karena kurang tidur jadi mikir ga sehat? Apakah karena udah kebelet pipis? Gw ga taw yang pasti setiap orang alasannya kenapa..Tapi terkadang gw pengen mendisiplinkan orang biar, at least, bisa ngurangin macet dan jadinya smua ga stress kalo dijalan. Tapi gw sadar kalo ini smua ga akan bisa terjadi. Why? Ngubah Jakarta itu ga pernah gampang. Ngubah Jakarta itu mungkin suatu goal yang dinilai mustahil, banyak faktor yang mempengaruhinya. Lalu gw coba untuk memandang dan merubah sesuatu yang paling mudahm diri gw sendiri. Gw sadar kalo cara yang paling efektif untuk merubah orang lain dimulai dari diri sendiri. Kenapa begitu bruh? Well, secara tidak langsung orang melihat yang namanya perbuatan lebih dari kata-kata. Smua kata-kata manis bisa direncanakan untuk tujuan mulia, tapi apakah itu bisa terus menerus disampaikan ketika keadaan sulit? Maybe..Maybe..Tapi sebagai pribadi gw lebih memilih untuk speak it through action karena kalo orang sudah melihat gw berubah berarti ada hal yang mengubah gw dan orang lain akan memandang itu sebagai sesuatu yang ingin mereka ketahui. Nah dari sana bisa gw bantu mengubah satu per satu.

Mungkin secara nda langsung kita udah pernah nyoba jadi yang berbeda karena melakukan hal yang benar. Tentunya karena berlaku hal benar kita mendapatkan “reward” yang tidak sepadan dari perbuatan kita. Secara pribadi gw juga merasakan hal yang sama. Tapi cobalah untuk melihat dari sisi yang berbeda. Cobalah melihat dengan tujuan yang berbeda. Diri kita bukan lagi yang menjadi pusat atau tujuan akhir dari perbuatan baik yang kita lakukan tapi “perubahan masa depan yang lebih baik”lah yang menjadi tujuannya. Kalo gw pikir sih mirip dengan ‘ripple effect’ ato ‘domino effect’ yang mana karena 1 titik jatuh ato tumbang yang laennya juga kena imbas. Hidup juga sama seperti itu. Kalo misal tujuan yang baik itu sudah tercapai maka smua orang akan menikmatinya dan kemudian secara nda langsung akan diubahkan. Hmm hmm hmm....

Well..ini mungkin cuman orat-oret yang ada dikepala gw about changes yang mungkin nda seberapa ato mungkin penyampaiannya ga enak. Tapi gw ngerasa ini musti gw tulis karena apabila tidak ada bagian dari diri gw yang perlahan mati dan tak hidup kembali. Semoga tulisan ini membantu.
PEACE!!!

Tidak ada komentar:

Halaman